Minggu, 13 Februari 2011

motor

Nih, Mekanisme Canggih Roda Depan Can-Am Spyder


Bombardier Recreational Products (BRP), pabrikan sepeda motor tiga roda Can Am Spyder, mematenkan mekanisme kontrol roda depan terbaru untuk sepeda motornya.

Seperti kita tahu, Can Am Spyder punya dua roda di depan dan hanya satu di belakang. Pasti bingungkan, apanya yang dipatenkan? Pasalnya beberapa merek lain juga punya model sepeda motor dengan formasi roda yang sama. Misalnya Piaggio MP3.

Nah, ternyata yang dipatenkan oleh BRP adalah tilting mechanism (mekanisme kemiringan) roda depan. Cara kerja kemiringan roda depan Can Am Spyder berbeda dan lebih canggih ketimbang yang digunakan Piaggio MP3.

Saat menikung, otomatis roda depan Can Am Spyder akan ikutan miring, kira-kira sama seperti ketika mengendarai sepeda motor konvensional dengan dua roda. Sampai disini, prosesnya masih sama seperti Piaggio MP3.

Tapi bedanya, pada Can Am Spyder terbaru ini dilengkapi dengan actuator motor. Perangkat ini akan membantu menyesuaikan kemiringan roda. Actuator dikendalikan oleh sistem elektronik yang memonitor kecepatan, sudut kemiringan, torsi kemudi dan percepatan lateral.

Pada kecepatan rendah, sistem ini akan mencegah roda depan terlalu miring atau malah menahan untuk sama sekali tidak miring. Tapi pada kecepatan yang tinggi, sistem akan memerintahkan roda depan untuk rebah abis!

Actuator ini juga akan menjaga Cam Am Spyder tetap tegak saat berhenti. Pengendaranya tidak perlu lagi menginjakan kaki ke tanah. Atau harus repot menekan tombol kunci agar roda depan tetap tegak seperti pada Piaggio MP3. Keren kan!

Sayangnya, belum jelas model Can Am Spyder mana yang akan mengaplikasikan teknologi ini. Apakah Can Am Spyder Hybrid, atau ada model baru lainnya di masa depan. (motorplus-online.com) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar